Selasa, 12 Agustus 2014

Awas Penyakit Jantung Koroner di Sekitar Kita

Penyakit Jantung
Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner, atau disebut juga penyakit arteri koroner, ditandai dengan adanya endapan lemak yang terkumpul di dinding bagian dalam arteri koroner, sehingga menyumbat aliran darah.
Supaya bisa berkontraksi dan memompa darah dengan normal, otot jantung (miokardium) memerlukan pasokan darah yang kaya akan oksigen dari arteri koroner. Jika penyumbatan arteri koroner semakin memburuk, maka bisa terjadi penurunan pasokan darah pada otot jantung, sehingga menyebabkan kerusakan jantung. Komplikasi utama dari penyakit arteri koroner adalah angina dan serangan jantung. Faktor-faktor yang meningkatkan risiko terjadinya penyakit arteri koroner adalah:
  1. Diet tinggi lemak
  2. Merokok
  3. Malas berolah raga
Resiko terjadinya penyakit arteri koroner meningkat jika kadar kolesterol total dan kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah meningkat. Jika terjadi peningkatan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik), maka risiko terjadinya penyakit arteri koroner akan menurun. Makanan mempengaruhi kadar kolesterol total, oleh karena itu makanan juga mempengaruhi risiko terjadinya penyakit arteri koroner. Pengobatan Penyakit Jantung Koroner.

0 komentar:

Posting Komentar