Jumat, 04 April 2014

Asam Urat dan Pengobatannya

Asam urat dan pengobatannya, asam urat adalah sisa hasil metabolisme zat purin yang biasanya berasal dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Meningkatnya kadar purin dalam tubuh menjadi penyebab penyakit asam urat. Zat purin berasal dari makanan-makanan seperti sayur-sayuran, buah-buahan, dan dari lauk pauk (makanan hewani). 
Purin juga dihasilkan dari hasil perusakan sel-sel tubuh yang terjadi secara normal atau karena penyakit-penyakit tertentu. Penyakit asam urat ialah penyakit yang menyerang persendian. Seseorang dikatakan mengalami gangguan asam urat jika kadar asam urat dalam darah melebihi batas normal. Tingginya kadar asam urat dalam darah membuatnya mengkristal di persendian yang akhirnya membentuk seperti jarum-jarum kecil yang akan menyebabkan rasa sakit. 

Asam Urat dan Pengobatannya
Asam Urat dan Pengobatannya

Pengobatan Asam Urat

Wajarnya, asam urat sendiri dapat di keluarkan dalam badan melewati feses atau kotoran serta urin, namun di karenakan pada ginjal tidak dapat keluarkan zat zat asam urat yang ada mengakibatkan kandungannya meningkat dalam tubuh kita.
Langkah paling baik serta tergolong aman pengobatan asam urat yaitu dengan kembali ke tubuh kita sendiri. Tubuh kita mempunyai beberapa sel imun, yakni sel Alami Killer (sel NK) yang bertugas mencari hal hal yg tidak beres di dalam tubuh untuk selanjutnya dihancurkan serta dibuang melewati system pembuangan tubuh. Pada pasien asam urat, beberapa sel ini tidak berkerja dengan cara maksimal hingga zat-zat yang semestinya dibuang keluar dari dalam tubuh menjadi mengendap, serta celakanya oleh system imun, endapan ini lalu terserang habis-habisan hingga timbul peradangan pada bagian sendi.
Semakin cepat seorang memperoleh pengobatan dari serangan akut, semakin cepat juga penyembuhannya. Penyembuhan bisa diberikan obat anti inflamasi nonsteroid (antirematik) serta obat penurun kandungan asam urat (obat yang mempercepat/menambah pengeluaran asam urat melalui kemih (probenecid) atau obat yang dapat turunkan produksi asam urat dalam tubuh (allopurinol).

0 komentar:

Posting Komentar